5 Manfaat Daun Sembung untuk Asam Lambung Penting untuk Diketahui

Bicara soal penyakit yang awam diderita oleh masyarakat modern maka salah satunya ialah asam lambung. Hal ini ternyata dipicu oleh kebiasaan jelek masyarakat modern yang terlalu sibuk bekerja sehingga lupa makan, stress berlebih akhir tekanan pekerjaan serta tuntutan-tuntutan lain yang harus dipenuhi.

Apa Itu Penyakit Asam Lambung?

Asam lambung merupakan salah satu kondisi dimana penderitanya akan mencicipi nyeri pada serpihan ulu hati disertai sensasi terbakar di dada. Gejala yang dirasakan tersebut terjadi lantaran asam lambung naik ke esofagus yang disebabkan tidak berfungsinya otot yang terletak di serpihan bawah esofagus. Terdapat beberapa faktor yang sanggup menyebabkan asam lambung naik:

  • Mengkonsumsi makanan-makanan yang sanggup menyebabkan naiknya asam lambung misalnya jenis kuliner yang banyak mengandung lemak.
  • Mag atau kebiasaan telat makan juga sanggup menyebabkan asam lambung naik.
  • Faktor usia serta gaya hidup yang tidak sehat juga sanggup mempengaruhi kondisi ini menyerupai kebiasaan merokok, begadang dan minum minuman beralkohol.
  • Menurut penelitian ternyata stress serta kelebihan berat tubuh juga sanggup menjadi faktor penyebab seseorang menderita kondisi ini.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu serta kekurangan magnesium ternyata juga sanggup menjadi pemicunya.

Manfaat Daun Sembung untuk Asam Lambung

Walaupun sudah banyak solusi menyerupai mengkonsumsi obat-obatan modern ternyata banyak juga orang yang lebih menentukan untuk mengatasi kondisi asam lambung lewat metode pengobatan herbal dan salah satunya ialah lewat manfaat daun sembung untuk asam lambung. Daun sembung merupakan salah satu tumbuhan herbal yang banyak ditemui di kawasan tropis dan tidak terkecuali di Indonesia. Manfaat tumbuhan ini bagi kesehatan sudah banyak dibuktikan bahkan sudah menjadi serpihan dari pengobatan tradisional Cina.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Salah satu hal yang sanggup lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengatasi duduk kasus asam lambung ialah mengkonsumsi kuliner yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan mempunyai fungsi khusus yaitu menangkal imbas jelek radikal bebas, sayangnya tubuh tidak sanggup mencukupi kebutuhan antioksidan dan harus didapatkan dari asupan makanan. Daun sembung merupakan salah satu tumbuhan herbal yang mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

  1. Mengandung Kandungan Anti Inflamasi

Selain kaya akan kandungan antioksidan, daun sembung juga mempunyai kandungan anti inflamasi yang cukup efektif mencegah inflamasi. Tidak banyak orang yang tahu bahwa inflamasi ternyata merupakan salah satu penyebab utama beberapa penyakit kronis menyerupai penyakit jantung dan diabetes serta tidak terkecuali penyakit asam lambung. Dengan mengkonsumsi daun sembung secara teratur sanggup membantu mengurangi imbas jelek inflamasi.

  1. Membantu Menjaga Kadar Asam Lambung

Beberapa penelitian serta klaim pernah menyebutkan bahwa mengkonsumsi daun sembung secara teratur ternyata sanggup membantu menjaga kadar asam lambung terutama bagi sebagian orang yang memang mempunyai duduk kasus dengan asam lambung. Disarankan untuk mengkonsumsi ramuan herbal daun sembung ketika perut masih kosong di pagi hari untuk membantu menetralkan asam lambung.

  1. Sangat Efektif Mengatasi Perut Kembung akhir Gas Berlebih

Salah satu tanda-tanda yang ditimbulkan akhir naiknya asam lambung ialah parut kembung atau terbentuknya gas berlebih dalam lambung yang sanggup menciptakan penderitanya sangat tidak nyaman. Mengeluarkan gas merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi perut kembung dan mengkonsumsi minuman herbal terbuat dari daun sembung sanggup menjadi solusi yang sudah terbukti efektif membantu mengeluarkan gas dan mengatasi perut kembung akhir naiknya asam lambung.


  1. Mengatasi Gejala Mual dan Mulas

Selain perut kembung, tanda-tanda menyerupai rasa mual dan mulas seringkali juga timbul seiring dengan naiknya asam lambung. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman bagi si penderitanya lantaran selain harus mencicipi nyeri pada ulu hati dan sensasi terbakar di dada tentunya tidak ingin ditambah lagi dengan tanda-tanda mual dan mulas. Minumlah segelas ramuan herbal yang terbuat dari daun sembung untuk mengatasi rasa mual dan mulas akhir naiknya asam lambung.

Cara Mengkonsumsi Daun Sembung untuk Mengatasi Asam Lambung

Setelah Anda mengetahui bahwa ternyata manfaat daun sembung untuk asam lambung bukan sekedar hoax, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara mengkonsumsinya.

  • Cuci higienis beberapa daun sembung beserta akarnya.
  • Untuk khasiat yang optimal boleh juga dicampur dengan beberapa lembar daun gandarusa.
  • Rebus kedua materi tersebut dengan tiga gelas air.
  • Biarkan air menyusut hingga hanya tersisa satu gelas.
  • Saring air rebusan dan biarkan dingin.
  • Waktu terbaik untuk mengkonsumsi air rebusan daun sembung ialah sebelum sarapan ketika perut masih kosong.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan daun sembung sebagai obat herbal juga bukan tanpa imbas samping. Beberapa masalah dilaporkan imbas menyerupai mual sering muncul ketika seseorang mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Untuk mendapat manfaat daun sembung untuk asam lambung secara maksimal sebaiknya konsumsi secukupnya dan tidak berlebih. Perlu diperhatikan juga ketika mengolah daun sembung sebagai minuman herbal pastikan untuk mencucinya hingga benar-benar bersih.

Category: HerbalTags:
author
No Response

Comments are closed.