6 Manfaat Daun Inai untuk Diabetes Paling Umum

147

Selain sebagai pewarna alami untuk kuku dan rambut, banyak orang Indonesia tidak tahu bahwa daun inai mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan yang salah satunya ialah untuk para penderita diabetes. Tentunya beberapa dari Anda mulai bertanya-tanya bagaimana daun inai bisa menawarkan manfaat kesehatan kepada para penderita diabetes.

Apa Itu Diabetes?

Secara umum diabetes dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Diabetes tipe 1 dimana badan tidak bisa memproduksi insulin sendiri, sementara insulin mempunyai fungsi penting untuk pembentukan glukosa menjadi energi.
  • Kemudian diabetes tipe 2 dimana badan kesulitan memanfaatkan insulin sehingga glukosa juga tidak sanggup diproses dan menumpuk dalam tubuh.
  • Sementara yang terakhir ialah jenis diabetes gestasional yang biasanya diderita oleh ibu hamil tapi sembuh sendiri ketika melahirkan.

Efek dari ketiga kondisi tersebut ialah meningkatnya level glukosa dalam darah sehingga sering kali dikenal dengan istilah kencing anggun dimana salah satu gejalanya ialah alasannya terlalu tingginya kadar gula dalam tubuh, ketika buang air kecil pun, kandungna gula juga terikut. Kondisi ini jikalau tidak ditangani dengan benar sanggup berujung pada maut atau setidaknya komplikasi banyak sekali penyakit. Sayangnya jikalau seseorang sudah terdiagnosa diabetes, belum ada obat yang sanggup menyembuhkannya tapi bisa diimbangi dengan menjalankan rujukan hidup sehat.

Manfaat Daun Inai untuk Diabetes

Seperti yang sudah disebutkan di atas ketika seseorang sudah dinyatakan mengidap diabetes maka tidak ada jalan lain selain memperbaiki gaya hidup alasannya memang tidak ada obatnya. Namun beberapa pengobatan herbal ternyata terbukti bisa mengurangi gejalanya dan salah satunya ialah daun inai. Apa saja manfaat daun inai untuk para penderita diabetes:

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka pada Kulit

Beberapa kandungan penting yang terdapat pada daun inai ialah antioksidan, anti inflamasi, astringet sertai anti kuman yang sanggup membantu mengoptimalkan proses penyembuhan luka. Pada penderita diabetes, sangat sulit bagi luka untuk mongering. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula darah yang tinggi sehingga luka sulit untuk sembuh atau mongering. Namun daun inai atau daun pacar sanggup membantu proses penyembuhan dengan lebih optimal bahkan mencegah luka terbuka kembali yang sanggup memicu timbulnya infeksi.

  1. Membantu Mengontrol Kadar Gula

Menurut beberapa penelitian ternyata mengkonsumsi daun inai tau daun pacar juga sanggup membantu mengontrol kadar gula yang berlebih yang umumnya diderita oleh penderita diabetes. Walaupun diharapkan banyak sekali penelitian lanjutan mengenai keefektifan daun inai dalam membantu mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes tapi sudah banyak juga yang mengklaim bahwa mengkonsumsi daun inai memang bisa membantu mengontrol kadar gula pada penderita diabetes.

  1. Membantu Memperbaiki Sistem Pencernaan

Salah satu komplikasi yang sering dihadapi oleh banyak penderita diabetes ialah duduk perkara pencernaan. Hal ini dikarenakan diet khusus yang seringkali berujung pada beberapa duduk perkara pencernaan jikalau tidak dilakukan dengan baik. Mengkonsumsi daun inai bisa membantu memperbaiki duduk perkara yang mungkin saja terjadi pada sistem pencernaan penderita diabetes. Hal ini bersahabat kaitannya dengan kandungan anti kuman yang terkandung dalam daun inai dimana kandungan bakterinya sanggup berfungsi sebagai detox alami pada sistem pencernaan.


  1. Mengandung Anti Oksidan

Seorang penderita diabetes harus banyak mengkonsumsi masakan yang tinggi kandungan antioksidannya. Hal ini alasannya antioksidan sanggup membantu mengoptimalkan sistem imun mengingat para penderita diabetes sangat rentan terhadap komplikasi penyakit dikarenakan tingginya kadar gula dalam darah. Daun inai atau daun pacar merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Tak hanya tinggi kandungan antioksidan, daun inai juga tinggi kandungan anti inflamasinya. Tidak banyak orang menyadari bahwa inflamasi bisa memperburuk kedaaan seseorang terutama seseorang yang sudah didiagnosa menderita diabetes. Mengkonsumsi daun inai yang kaya kandungan anti inflamasinya sanggup membantu mencegah terjadinya inflamasi yang diakibatkan komplikasi penyakit lain yang timbul akhir tingginya kadar gula dalam darah para penderita diabetes.

  1. Memperbaiki Nafsu Makan

Salah satu duduk perkara yang sering dihadapi oleh para penderita diabetes ialah kehilangan nafsu makan namun harapan untuk minum sangat tinggi. Mengkonsumsi daun ini sebagai obat herbal ternyata sanggup membantu memperbaiki nafsu makan sehingga bahkan seorang pasien diabetespun tetap sanggup mengkonsumsi makan sehat dengan nyaman.

Walaupun daun inai tidak akan menyembuhkan diabetes alasannya memang diabetes bukanlah jenis kondisi yang bisa disembuhkan, namun setidaknya penggunaannya secara tradisional sanggup membantu mengatasi beberapa tanda-tanda ataupun kondisi yang biasanya diderita oleh para penderita diabetes. Yang terpenting dan harus selalu diingat ialah memperbaiki gaya hidup mulai dari memkonsumsi masakan sehat, olahraga teratur dan tidak merokok serta tidak mengkonsumsi alkohol sanggup membantu para penderita diabetes hidup dengan lebih nyaman dan sehat. Memang sebaiknya mencegah alasannya hal tersebut lebih baik daripada mengobati.

Category: HerbalTags:
author
No Response

Comments are closed.