6 Manfaat Daun Sembung untuk Bayi, Orangtua Wajib Tahu

61

Daun sembung merupakan salah satu obat tradisional yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama untuk mengatasi banyak sekali problem kesehatan pada bayi. Tentunya sebagai orangtua tidak ingin sang buah hati sakit namun kadang ada kondisi yang tidak sanggup dihindari. Hanya saja berbeda dengan orang remaja ketika bayi jatuh sakit dihentikan sembarangan memperlihatkan obat jadi tidak heran kalau banyak orangtua yang bergantung pada pengobatan tradisional menyerupai memanfaatkan daun sembung.

Apa Itu Daun Sembung?

Daun sembung merupakan salah satu tanaman perdu yang banyak ditemui di kawasan tropis termasuk di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, daun sembung yang mempunyai nama ilmiah Blumea balsamifera juga cukup populer sebagai obat tradisional di Tiongkok dan Thailand lantaran memang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sembung untuk Bayi

Salah satu manfaat daun sembung ialah sebagai obat tradisional yang sering dipakai pada bayi dan berikut ialah beberapa manfaat daun sembung untuk bayi.

  1. Mengatasi Pilek pada Bayi

Pilek pada bayi memang sesuatu yang lumrah lantaran memang bayi yang gres lahir dimana sistem imunnya belum bekerja tepat sangat rentan terkena virus flu yang berakibat pada pilek. Di banyak kasus pilek memang tidak berbahaya tapi sangat menggangu dan menciptakan bayi tidak sanggup tidur dengan nyenyak. Kalaupun dibiarkan pilek sanggup menciptakan bayi demam sementara penggunaan obat pilek sangat tidak disarankan. Salah satu solusinya ialah dengan memakai daun sembung yang walaupun sifatnya tradisional tapi sangat efektif mengatasi pilek pada bayi.

  1. Obat Alami untuk Mengatasi Batuk pada Bayi

Tak hanya pilek, batuk juga merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami oleh bayi. Batuk sanggup menciptakan tidur bayi terganggu dan tidak nyenyak ketika tidur. Bayi yang batuk tidak sanggup dengan mudahd diberi obat dan jadi lebih sering tersedak. Akibatnya bayi sanggup menjadi lebih rewel padahal kondisi ini bergotong-royong tidak berbahaya tapi sanggup sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, rendam daun sembung semalaman dan keesokan paginya air rendamannya sanggup dipakai untuk adonan air mandi bayi. Hal ini secara tradisional sanggup membantu meredakan tanda-tanda batuk pada bayi.

  1. Mengobati Perut Kembung

Kasus kolik dimana bayi tiba-tiba menangis histeris tanpa diketahui sebabnya sering kali dihubungkan dengan kondisi perut kembung. Bayi dibawah umur 6 bulan memang sangat rentan dengan kondisi ini jadi tidak heran bayi seringkali buang gas. Namun lantaran satu kondisi mereka tidak sanggup buang gas jadinya ialah perut kembung. Cukup layurkan daun sembung dengan direndam air panas dan gunakan sebagai tapal di perut bayi. Tidak berapa lama, kandungan pada daun sembung yang sanggup menstimulasi bayi untuk buang gas dan problem perut kembungpun sanggup teratasi.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Bayi gres lahir memang sangat rentan terhadap banyak sekali macam jenis penyakit termasuk abses bakteri. Untuk membunuh basil diharapkan antibiotik padahal bayi tidak disarankan untuk memakai antibiotik. Untuk mencegah terjadinya infeksi, daun sembung yang mengandung anti basil sanggup dipakai sebagai air mandi bayi secara teratur. Hal ini terlihat sederhana tapi ternyata sanggup membant meningkatkan daya tahan badan bayi terutama dari ancaman abses yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Mengatasi Gatal di Kulit

Bakteri dan jamur merupakan beberapa faktor utama penyebab problem kulit. Jika orang remaja banyak sekali solusi mulai dari obat yang sanggup dikonsumsi ataupun obat oles. Namun untuk bayi penanganannya sanggup sangat sulit lantaran kondisi kulit bayi yang masih sensitif sehingga dihentikan sembarangan memakai obat. Daun sembung mengandung kandungan anti basil yang sangat efektif untuk mengatasi problem kulit gatal yang disebabkan oleh basil atau jamur. Cukup adonan air rendaman daun sembung dengan air mandi bayi dan mandikan bayi secara teratur maka berangsur-angsur problem gatal pada kulit bayi sanggup teratasi dengan optimal.

  1. Digunakan Sebagai Campuran Air Mandi

Walaupun bayi tidak mengalami problem kesehatan namun tentunya tindakan pencegahan akan jauh lebih baik daripada mengobati. Tidak ada salahnya mencampurkan air rendaman daun sembung dengan air mandi bayi dan mandikan bayi setiap hari. Efeknya ialah bayi tidak akan gampang terkena pilek atau batuk, selain itu kulit bayi juga akan senantiasa sehat lantaran terlindungi dari basil dan jamur.

Sebagai orangtua niscaya sangat khawatir ketika bayi sakit walaupun hanya sakit ringan menyerupai batuk, pilek ataupun pertu kembung yang memang sangat sering dialami bayi. Bayi yang belum sanggup bicara biasanya hanya menangis dan tidak jarang kondisi ini sering menciptakan para orangtua panik dan eksklusif membawanya ke dokter. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu lantaran hanya dengan memakai daun sembung, baik itu batuk, pilek, perut kembung bahkan gatal-gatal pada kulit bayi yang sensitif sanggup diatasi dengan memakai daun sembung.

Category: HerbalTags:
author
No Response

Comments are closed.