Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Tubuh

0 145

Biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi orang Indonesia. Biang keringat tidak berbahaya tetapi situasi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan sehingga sangat mengganggu. Dalam menangani biang keringat harus berhati-hati agar tidak bertambah parah.

Apa Itu Biang Keringat?

Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah dan juga sedikit menonjol pada kulit. Ruam ini bisa menyebabkan rasa gatal dan sensasi perih terbakar. Bayi biasanya lebih sering mengalami masalah kulit ini namun remaja, dewasa, dan lansia mungkin juga mengalaminya.

Biang keringat

Biang keringat

Pada bayi sering muncul biang keringat karena tubuh bayi belum bisa mengatur suhu tubuh secara ideal dan kelenjar keringat belum berkembang sempurna sehingga produksi keringat tidak sepenuhnya baik. Meski tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian, namun keberadaan biang keringat tetap mengganggu. Bayangkan saat sedang berolahraga, tiba-tiba Anda merasa gatal dan nyeri akibat perih yang menusuk. Tentu hal tersebut sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat merupakan penyakit kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika saat ini Anda sedang mengalami biang keringat dan sedang mencari cara yang tepat untuk mengatasinya maka bisa mempertimbangkan cara ini:

1. Jaga Suhu Tubuh Tetap Normal Agar Tubuh Terasa Dingin

Cara menghilangkan biang keringat adalah dengan menjaga suhu tubuh normal. Caranya mudah yaitu dengan mengenakan pakaian tipis atau yang mudah menyerap keringat. Pastikan Anda selalu berada di tempat yang sejuk agar tidak merasa kepanasan. Pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. jika baju sudah sangat basah karena keringat, segera ganti dengan yang baru.

2. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pada saat mengalami biang keringat, cobalah pilih pakaian yang benar-benar nyaman dan longgar agar tubuh terasa sejuk. Hindari pakaian yang terlalu ketat untuk beberapa saat agar tidak menggesek kulit dan memperparah biang keringat. Pasalnya, pakaian yang ketat akan memperburuk penyumbatan kelenjar keringat. Kenakan pakaian yang memiliki pori-pori yang baik dalam menyerap keringat dan juga kulit juga mudah bernafas.

3. Jaga Area Tidur Tetap Sejuk dan Berventilasi Baik

Salah satu cara mengatasi biang keringat adalah dengan memastikan ruangan terasa sejuk. Pertimbangkan memasang AC atau kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Selain memasang AC atau kipas angin, solusi lainnya adalah perbaiki ventilasi agar udara luar bisa masuk ke dalam ruangan untuk mengurangi pengap. Pasang kelambu pada lubang ventilasi agar Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa digigit nyamuk.

4. Gunakan Krim Alergi Ruam atau Bedak Dingin

Obat untuk mengobati biang keringat dijual gratis di apotek. Saat terasa gatal hingga sangat mengganggu, gunakan krim alergi ruam atau bedak dingin untuk menghilangkan biang keringat. Penggunaan secara teratur akan memberikan hasil yang lebih baik. Ikuti instruksi pada krim atau bedak dingin yang digunakan. Sebelum menggunakan obat, mohon bersihkan kulit Anda agar obat bekerja dengan efektif.

5. Jaga Kebersihan Tubuh

Jika ingin cepat menghilangkan biang keringat, salah satu hal terpenting adalah menjaga kebersihan tubuh. Mandi pakai sabun adalah cara termudah untuk tetap menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, gantilah pakaian secara rutin karena mengenakan pakaian yang sama berulang kali dapat memperparah biang keringat bahkan menyebabkan penyakit kulit lainnya.

Untuk menghindari keringat berlebih dan biang keringat, gunakan deodoran yang benar. Deodoran Dove Original sangat cocok untuk mereka yang ingin menjaga kebersihan dan kesegaran diri. Deodoran ini memberikan perlindungan terhadap keringat dalam waktu 24 jam.

Category: MenarikTags:
No Response

Leave a reply "Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Tubuh"