Ibu Harus Tahu Cara Menyapih Anak Berikut Ini

0 200

Menyapih menjadi hal penting dalam perkembangan anak dan menjadi masa paling emosional bagi ibu. Karena akan terjadi banyak perubahan yang terjadi. Perlu anda tahu bahwa menyapih tidak akan menghilangkan keintiman antara ibu dan anak. Karena ada banyak cara untuk menjaga keintimanan ibu dan anak. Menyapih memang membutuhkan kesabaran dan kerjakeras. Ada beberapa anak yang mudah dan ada yang sulit. Berikut ini beberapa cara menyapih anak yang mudah dan tepat.

cara menyapih anak

cara menyapih anak

Kapan Waktu Yang Tepat Menyapih Anak

Masalah waktu yang tepat menyapih anak, bisa disesuaikan dengan pilihan ibu masing-masing. Bayi harus mendapatkan asi ekslusif selama enam bulan dan masa umumnya hingga dua tahun. Setelah enam bulan, bayi bisa mulai mendapat nutrisi tambahan selain asi. Ada beberapa tanda bayi bisa disapih antara lain:

  • Bayi bisa duduk dengan kepala tegak dalam waktu yang lama.
  • Lebih tertarik dan membuka mulut saat melihat orang lain makan
  • Koordinasi mulut, mata dan tangan sudah bisa bekerja dengan baik. Misalnya bisa memasukan dan mengambil makanan ke mulut
  • Berat badan bayi sudah dua kali lipat berat lahir

Namun ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebelum menyapih. Anda juga harus melihat kondisi kesehatan dan psikologi anak.

Cara Memulai Menyapih

Berikut ini cara memulai menyapih yang bisa anda lakukan. Setelah tahu beberapa tanda-tandanya:

  1. Mulai secara perlahan

Mulai menyapih dengan perlahan dan bertahap, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Selain itu bisa membuat frekuensi asi menurun dengan sendirinya. Ini akan membantu mengurangi resiko nyeri dan bengkak payudara. Selain itu anak tidak langsung shock dengan perubahan yang terjadi.

  1. Mulai menyapih di siang hari

Anda bisa memulai dengan menyapih di siang hari. Anda bisa mengganti waktu menyusui dengan makanan. Namun tetap memberikan asi di malam hari dan bangun tidur. Kemudian mulailah sedikit demi sedikit untuk menghilangkan kebiasaan minum asi di malam hari dan siang hari.

  1. Mengganti waktu pemberian asi dengan cangkir atau botol

Minggu pertama, anda bisa menggunakan jadwal biasanya. Kemudian di minggu kedua, mulailah mengganti pemberian asi dengan menggunakan botol atau cangkir. Anda juga bisa menggantinya dengan susu formula. Sehingga anak mulai terbiasa sedikit demi sedikit. Anda harus sabar untuk melakukan cara ini, karena tidak semua anak langsung mau menggunakan botol atau cangkir.

  1. Menidurkan anak tanpa harus menyusui

Kebiasaan bayi selalu tidur dengan menyusui terlebih dahulu. Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini secara perlahan. Buat ritual tidur yang lebih menyenangkan. Seperti membacakan buku cerita, mendengarkan musik dan lainnya. Buat anak tetap nyaman tidur, anda juga bisa memberikan pelukan atau belaian.

Usahakan jangan menyapih anak dengan menakuti, karena bisa memberikan efek psikologis bagi anak. Lebih baik lakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Selain itu jangan bandingkan cara dan lama menyapih satu anak dengan anak lainnya. Karena setiap anak memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Mungkin anda membutuhkan waktu lama untuk menyapih atau mungkin lebih cepat. Karena menyapih dipengaruhi oleh berbagai hal. Lakukan secara fleksibel, sabar dan displin. Sehingga anak mulai terbiasa untuk tidak tergantung dengan asi di payudara anda. Anda juga harus tega dengan anak, tidak langsung luluh dengan rengekannya. Itulah cara menyapih anak yang mudah dan tepat. Semoga bermanfaat.

Category: Ibu HamilTags:
author
No Response

Leave a reply "Ibu Harus Tahu Cara Menyapih Anak Berikut Ini"