Memilih Pasta Gigi Sesuai Kebutuhan

0 268

Pasta gigi memiliki beberapa fungsi, mulai dari menghilangkan bakteri pada gigi dan rongga mulut, menghilangkan plak gigi, menghilangkan bau mulut, hingga mineralisasi gigi. Pasta gigi diproduksi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi gigi mereka. Hal tersebut terlihat dari adanya produk pasta gigi yang beragam.

Tips Memilih Pasta Gigi

Anda perlu memilih pasta gigi yang bagus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Pasalnya, pemilihan pasta gigi yang tidak tepat tidak akan memberikan hasil yang signifikan terhadap kesehatan gigi.

Pasta Gigi

Pasta Gigi

1. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif Pasta Gigi

Pasta gigi ini terbuat dari berbagai bahan aktif yang memiliki peran tersendiri dalam menjaga kesehatan gigi. Bahan abrasif merupakan salah satu bahan dalam pasta gigi yang berfungsi menghilangkan noda dan plak dari gigi, serta menghilangkan bakteri dari sisa makanan. Komposisi pasta gigi ini adalah silikat dan kalsium karbonat

Fluorida merupakan bahan yang dapat mencegah kerusakan gigi. Pada anak kecil, pasta gigi berfluoride harus dihindari karena dapat membuat gigi rapuh. Humectant, bahan yang fungsinya untuk mencegah tekstur pasta gigi cepat kering.

Perasa buatan adalah bahan yang membuat pasta gigi memiliki aroma dan rasa. Pasta gigi untuk anak biasanya memiliki rasa buah, sedangkan pasta gigi untuk orang dewasa biasanya memiliki rasa mint. Deterjen adalah bahan aktif yang menghasilkan busa pada pasta gigi saat digosokkan ke gigi. Agen pembersih dalam pasta gigi ini adalah sodium lauryl sulfate

2. Pilih Pasta Gigi dengan Fluoride

Fluorida merupakan bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat mencegah kerusakan gigi. Menurut banyak penelitian, fluorida telah terbukti efektif dalam mengurangi prevalensi karies gigi dan membunuh bakteri penyebab pembentukan plak pada gigi. Pastikan pasta gigi yang Anda pilih mengandung cukup fluorida.

Jika tertelan, fluoride dapat menyebabkan kerusakan pada organ vital di dalam tubuh. Selain itu, penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang terlalu tinggi pada anak hanya akan membuat gigi rapuh. Idealnya, pasta gigi anak-anak hanya mengandung hingga 500 ppm fluorida. Khusus untuk orang dewasa kandungan fluoride maksimalnya adalah 1000 ppm.

3. Pilih Pasta Gigi Tartar

Tips selanjutnya dalam memilih pasta gigi yang berkualitas adalah dengan memilih jenis pasta gigi tartar. Fungsi utama pasta gigi adalah menghilangkan lapisan plak pada permukaan gigi. Khasiat pasta gigi tartar dihasilkan dari komposisi bahan aktif seperti triclosan, seng nitrat, dan pirofosfat.

4. Pilih Pasta Gigi dengan Sedikit Deterjen

Memilih pasta gigi yang baik harus memperhatikan kandungan deterjennya. Pasta gigi yang baik adalah pasta gigi dengan sedikit deterjen. Pasalnya, kandungan deterjan yang cukup tinggi justru bisa menyebabkan sariawan. Oleh karena itu, pastikan pasta gigi yang akan digunakan memiliki kandungan deterjen yang cukup.

5. Pilih Pasta Gigi yang Bersertifikasi

Pastikan pasta gigi yang Anda beli telah lolos pengujian dan sertifikasi dari instansi terkait, seperti American Dental Association (ADA), Ikatan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), dan tentunya Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) atau sertifikasi lainnya yang dapat dipercaya dan membuktikan kualitas, efektivitas, dan keamanan pasta gigi.

Close Up menghadirkan berbagai varian pasta gigi yang lengkap sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Dengan ini gigi akan tetap sehat serta memberikan nafas yang lebih segar dan tahan lama.

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Memilih Pasta Gigi Sesuai Kebutuhan"