Mengenal Tentang Flu Singapura Pada Anak

0 85

Flu Singapura merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai. Flu Singapura pada anak lebih sering terjadi dibandingkan orang dewasa karena sistem imun anak yang masih belum sempurna. Namun baik pada anak-anak maupun orang dewasa harus sama-sama mewaspadai penyakit yang satu ini. Flu Singapura sering disebut sebagai penyakit kaki, tangan, dan mulut atau HMFD (Hand, Foot, and Mouth Disease)

Gejala yang ditimbulkan mirip dengan penyakit demam biasa namun jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka dapat menyebabkan penyakit serius seperti ensefalitis dan meningitis. Untuk menghindari flu singapura, tentu saja anda bisa memahami hal-hal tentang flu ini sebagai bentuk pencegahan dan menghindari penyebaran flu singapura setiap saat.

Flu Singapura Pada Anak

Flu Singapura Pada Anak

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura disebabkan karena penyebaran enterovirus A dan enterovirus 71. Virus ini dapat menyerang jaringan mulut dan amandel kemudian masuk ke sistem saluran pencernaan. Setelah tiba di saluran pencernaan maka penyebaran virus akan berlangsung lebih cepat melalui aliran darah. Virus ini memiliki masa inkubasi 1 minggu sebelum menimbulkan gejala.

Penyebaran virus biasanya terjadi dengan 4 cara yaitu :

  • Air liur yang keluar saat batuk.
  • Cairan dari luka yang melepuh.
  • Cairan hidung atau cairan tenggorokan yang keluar ketika bersin.
  • Permukaan benda yang sudah terkontaminasi oleh virus flu singapura.

Gejala Flu Singapura

Gejala flu singapura akan terlihat 1 minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Gejala tersebut yaitu :

  • Demam tinggi.
  • Timbulnya luka melepuh di sekitar lidah, gusi, dan rongga mulut.
  • Muntah dan batuk.
  • Ruam merah di sekujur tubuh.
  • Sakit perut.
  • Sakit tenggorokan.
  • Tidak nafsu makan.

Gejala ini dapat dirasakan oleh siapa saja dari balita hingga orang dewasa dan gejalanya sama. Balita biasanya akan lebih rewel, mudah marah, dan sulit tidur karena rasa tidak nyaman yang dirasakan.

Pencegahan Flu Singapura

Untuk melindungi diri dan keluarga dari virus penyebab flu singapura, terdapat cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak menjadi wabah yang mengancam kesehatan. Beberapa cara agar terhindar dari flu singapura yaitu :

1. Ajarkan anak untuk mencuci tangan secara teratur

Cuci tangan menjadi cara utama dalam membunuh virus penyebab flu singapura. Selalu cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, makan, memegang objek di tempat umum, dan aktivitas lainnya. Sabun antiseptik efektif membunuh virus. Jangan memegang anggota tubuh, makan, ataupun objek lainnya di rumah sebelum cuci tangan. Pilih sabun cuci tangan antiseptik untuk keluarga dari Lifebuoy yang akan memberikan perlindungan lebih.

2. Menghindari kontak fisik dengan penderita

Sebaiknya anda dan keluarga meminimalkan bahkan menghindari kontak fisik dengan penderita flu singapura. Hal ini karena cairan tubuh dari penderita dapat menempel pada tubuh anda yang menyebabkan penularan. Ada baiknya penderita flu singapura dirawat di ruang terpisah agar penyebaran virus bisa terkontrol.

3. Membersihkan peralatan yang rentan terkontaminasi virus

Semua peralatan yang digunakan oleh penderita maupun yang terpegang juga harus selalu dibersihkan dan sebaiknya tidak digunakan oleh orang lain. Pembersihan peralatan juga harus menggunakan disinfektan untuk memastikan virus sudah mati dan tidak menular ke orang lain.

4. Menjaga kebersihan anak

Biasanya anak-anak lebih mudah tertular flu singupara karena kurang menjaga kebersihan diri apalagi anak-anak sering bermain ke luar rumah. Hal ini juga didukung dengan sistem kekebalan tubuhnya yang belum sekuat orang dewasa.

Maka dari itu orang tua harus memastikan bahwa anak tetap dalam keadaan bersih termasuk mainan dan perlengkapannya juga. Bersihkan perlengkapannya dengan disinfektan dan gunakan sabun mandi Lifebuoy untuk keluarga saat mandi untuk mencegah flu singapura pada anak dan keluarga.

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Mengenal Tentang Flu Singapura Pada Anak"