Pahami Hal Penting Dalam Latihan Safety Riding

0 340

Pengguna sepeda motor di indonesia sangat banyak, bahkan menjadi jutaan pengguna. Namun sayangnya masih sedikit pengendara sepeda motor yang paham keamanan berkendara. Hal ini membuat tingkat kecelakaan sepeda motor sangat tinggi. Tiap tahunnya ada ratusan orang yang meninggal atau mengalami kecelakaan sepeda motor. Oleh karena itu semua orang harus paham mengenai safety riding.

Yamaha Mengadakan Pendaftaran Online Safety Riding

Untuk mengenalkan keamanan berkendara ke masyarakat, yamaha mengadakan sebuah acara pengenalan berkendara yang aman. Kegiatan ini dilaksanakan oleh yamaha riding academy (YRA). Disana akan diajarkan tentang edukasi keamanan berkendara. Acara ini bisa diikuti oleh semua masyarakat umum dan proses pendaftarannya secara online. Tim instruktur yamaha riding academy akan memberika pelatihan teori dan praktik untuk semua pendaftar.

Safety Riding

Safety Riding

Banyak peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini. pihak yamaha sendiri menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan peserta. Untuk pelatihan teori, peserta diajarkan tentang pengetahuan keselamatan berkendara dari sisi kendaraan, manusia dan lingkungan. Karena saat berkendara kita akan berhubungan dengan tiga hal tersebut. Ada proses persiapan sebelum berkendaraan hingga ketika berkendara.

Setelah proses teori dilakukan, peserta diajak untuk praktik langsung. Peserta diajarkan untuk melakukan persiapan sebelum berkendara yang benar dan aman. Seperti posisi berkendara, hear dan lainnya. kemudian ada tiga trek yang harus dilewati. Ada jalur dengan banyak pengereman,. Keseimbangan dan berbelok. Karena tiga hal tersebut yang sering ditemui saat berkendara. Dan masih banyak pengendara yang belum paham mengenai pengereman, keseimbangan dan berbelok.

Setelah melakukan pelatihan ini, diharapkan semua pengendara bisa berkendara dengan lebih aman. Tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain. karena dalam berkendara, kita tidak hanya memikirkan kondisi diri sendiri. tapi juga lingkungan sekitar. Sehingga semuanya bisa berkendara dengan aman. Tingkat kecelakaan dijalan pun semakin berkurang.

Tips Berkendara Yang Benar dan Aman

Untuk lebih memahami cara berkendara yang benar, kita akan membagikan tentang tips berkendara yang benar dan aman.sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

  • Saat akan jalan, pastikan untuk melihat ke belakang. Berguna memastikan ada tidaknya orang atau suatu hal di belakang
  • Saat memegang stang, posisi kedua tangan agak menyiku atau menyudut. Kedua tangan posisinya bukan lurus atau tegang. Pastikan tubuh dalam kondisi yang rileks., tidak kaku dan tegang.
  • Pastikan jarak pengereman sesuai dengan laju kecepatan. Misalnya kecepatan kendaraan anda 60 km/jam, berarti anda harus melakukan pengereman 60 meter di depan objek.
  • Kedua kaki harus sejajar dengan bagian luar sepeda motor. Untuk motor matic posisi kaki tidak menjulur ke luar dan foot step. Untuk motor sport, kedua lutut harus menempel di tangki
  • Ketika berkendara jangan membawa barang terlalu banyak dibandingkan lebar stang
  • Saat anda jatuh, langsung lepaskan motor jangan dipegang. Ini akan menghindari cidera yang semakin parah karena tertindih komponen sepeda motor.

Kita harus tahu cara berkendara yang benar dan aman. Jangan egois saat berkendara, karena dijalanan bukan hanya diri kita saja. namun ada orang lain yang berkendara. Jika kita selalu berkendara dengan aman, maka bisa selamat sampai tujuan dan tidak membahayakan orang lain. selalu perhatikan kondisi kendaraan. Lakukan service secara berkala, sehingga tidak ada komponen sepeda motor yang rusak. selalu pahami safety riding saat berkendara kemanapun dimanapun.

 

Category: Serba-SerbiTags:
author
No Response

Leave a reply "Pahami Hal Penting Dalam Latihan Safety Riding"