Susu Yang Menyehatkan Untuk Ibu Hamil Muda

0 230

Susu untuk ibu hamil ~ Sebenarnya fungsi susu pada saat proses kehamilan hanya berperan sebagai pelengkap saja. Karena nutrisi yang diperlukan oleh sang ibu sudah cukup terpenuhi oleh makanan dan minuman yang di konsumsi sehari-hari.

 

Susu tidak harus diminum oleh sang ibu, ada beberapa anggapan yang mengira bahwa dengan mengkonsumsi susu maka kebutuhan nutrisi sang ibu telah terpenuhi. Namun pemahaman ini jelas salah, karena susu hanyalah sebagai pelengkap. Kebutuhan susu baru benar-benar penting keberadaannya ketika sang ibu mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi makanan akibat morning sickness. Sehingga untuk mengimbangi kondisi ini mau tidak mau haruslah menyertakan menu segelas susu setiap hari, agar kesehatan tetap terjaga.

 

Didalam susu yang diformulasikan untuk ibu hamil terdapat banyak sekali kandungan protein, AA, DHA dan asam folat. Apabila anda ingin mengkonsumsi susu pada masa kehamilan maka sebaiknya anda memperhatikan kandungannya untuk di sesuaikan dengan usia kandungan. Untuk anda yang masih dalam tahap awal kehamilan, konsumsilah jenis susu yang mengandung vitamin B6, karena vitamin ini berguna untuk mengurangi kondisi mual, muntah, pusing dan lemah pada awal pagi hari atau morning sickness.

 

Kandungan lainnya yang diperlukan pada masa awal kehamilan adalah asam folat dan DHA yang berfungsi untuk menunjang pembentukan otak dan syaraf pada janin anda, sedangkan ketika kehamilan telah memasuki trisemester kedua dan ketiga, anda memerlukan asupan zat besi yang cukup, untuk mengurangi resiko terjadinya anemia dan bayi prematur. Zat besi ini juga ada pada susu ibu hamil. Untuk mengingatkan saja, meskipun sang ibu sangat memerlukan asupan zat besi, namun sebaiknya jangan mengkonsumsi sayur bayam, karena meskipun bayam terkenal mengandung zat besi namun sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. oleh sebab itu sebaiknya penuhilah kebutuhan zat besi harian anda dengan mengkonsumsi susu.

 

Pada saat memasuki tahap kehamilan yang sudah semakin membesar biasanya mulai masuk 6 bulan usia kandungan, permasalahan yang muncul adalah konstipasi. Konstipasi adalah kondisi dimana sang ibu mengalami susah buang air besar. Penyebab dari kejadian ini adalah, ketika didalam rahim terdapat janin yang semakin hari kian tumbuh, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon progesterone, hormon ini berguna untuk membuat otot-otot sang ibu menjadi rilex sehingga janin akan merasa nyaman dan tenang, tetapi perubahan produksi hormon ini akan memberikan dampak negatif pada sistem pencernaan, dimana kerja usus besar menjadi lambat sehingga membuat proses buang air besar menjadi sulit, jika terus dibiarkan maka dikhawatirkan akan berlanjut ke penyakit sembelit. Untuk mengatasi hal ini, sang ibu harus memenuhi kebutuhan serat, minum air putih dan mengkonsumsi susu yang mengandung FOS atau Frukto Oligo Sakarida.

 

Kebutuhan kalsium juga sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tulang dan pembentukan gigi sang buah hati. Hal ini haruslah di perhatikan oleh setiap wanita, karena jika anda tidak mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium, maka janin yang ada dalam kandungan akan mengambil persediaan kalsium di dalam tubuh sang ibu, sehingga akan mengakibatkan resiko terjadinya osteoporosis lebih tinggi lagi. Mungkin hal ini banyak diabaikan oleh wanita, sehingga tak heran mengapa wanita memiliki tingkat resiko osteoporosis lebih besar dibandingkan pria.

 

Pilih Susu Sapi atau Susu Kedelai ?

Untuk pemilihan jenis susu yang anda konsumsi anda dapat menentukan sesuai selera, namun berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan di kedua jenis susu tersebut, sebagai bahan pertimbangan.

 

Susu Sapi

• Kelebihan

– Kandungan protein pada susu sapi terbilang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pada masa kehamilan.

– Telah mengandung gula alami

– Kaya akan vitamin dan mineral

 

• Kekurangan

– Biasanya susu sapi akan memberikan efek rasa eneg yang berlebih, sehingga akan semakin membuat sang ibu merasa mual dan ingin muntah

Susu kedelai mengandung zat besi yang sangat tinggi dan tidak terdapat pada susu sapi selain itu rasanya lebih ramah dan tidak membuat mual. Sedangkan untuk kekurangan dari susu kedelai ini adalah tidak memiliki kandungan manfaat seperti yang terdapat pada susu sapi.

Untuk mengkonsumsi susu saat hamil ini anda juga bisa mengkonsumsi susu full cream atau merek susu pada umumnya. hanya saja jika anda mengkonsumsi susu yang telah diformulasikan untuk ibu hamil, anda akan mendapat manfaat asam folat, AHA dan DHA.

Pemenuhan nutrisi pada saat kehamilan sebaiknya tidak berlebihan, karena jika berlebihan akan membuat kesehatan ibu dan janin menjadi kurang baik. Untuk itu anda cukup mengkonsumsi 2 gelas susu per hari. Karena sifat dari susu kehamilan ini hanya sebagai pelengkap saja, sang ibu bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya, jika tidak mengalami morning sickness berlebihan anda cukup mengkonsumsi susu kehamilan 3 atau 4 kali saja dalam seminggu.

Dengan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil sesuai kebutuhan dan kondisi diharapkan kesehatan sang ibu dan buah hati akan tetap terjaga.

Category: Ibu Hamil, KesehatanTags:
author
No Response

Leave a reply "Susu Yang Menyehatkan Untuk Ibu Hamil Muda"