TIPS MEMASANG GENSET DENGAN AMAN

0 305

Genset merupakan alat yang sangat membantu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama untuk acara event kecil maupun besar. Genset di zaman modern seperti ini memang banyak sekali memilki manfaat. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara memasang genset dengan benar? Yuk perhatikan tahapan-tahapan berikut.

Sewa Genset

Sewa Genset

1. Cara Pasang Genset/Instalansi

Pemasangan genset melalui rangkaian otomatis Relay Omron ini tujuannya yaitu memindahkan sumber aliran listrik untuk menyambung mesin generator saat listrik PLN kembali menyala secara otomatis akan berpindah menuju saluran PLN. Jika demikian maka Anda tidak perlu khawatir jika lupa untuk mematikan genset saat listrik PLN sudah kembali menyala.

Untuk merangkai sistem otomatis pada generator ini memerlukan beberapa bahan seperti sikring otomatis, boz sikring, terminal kabel, relay omron, papan kayu, kabel NGA dan soket relay. Untuk memudahkan dalam sistem pengkabelannya, berikan nama masing-masing terminal. Diperlukan 2 buah relay, di mana relay ke dua (R2) merupakan relay yang digunakan untuk membantu switch S1 (R1) agar dapat memutuskan hubungan accu (aki) saat genset sudah dalam keadaan menyala kembali.

Pastikan jika rangkaian yang dipasangan sudah sesuai atau belum, periksa dengan cara mematikan sumber aliran listrik dari PLN lewat MBC, setelah itu hidupkan genset dan lihat listrik yang menyala pada sumber aliran listriknya, lalu hidupkan kembali sakelar pada MCB PLN. Jika rangkaiannya sudah tepat, maka generator atau genset pun akan mati secara otomatis dan aliran listrik pun berpindah menuju PLN.

Jika Anda tidak terlalu yakin, Anda bisa mencari bantuan dengan orang yang ahli untuk melakukan penginstalan pada genset.

2. Cara Aman Menggunakan Genset

Di samping Anda mengetahui cara pasang genset, ketahui juga cara menggunakan genset yang tepat dan juga aman. Berikut beberapa tips atau cara aman menggunakan genset:

1). Hindari memasang generator portable di stopkontak

Memasukan generator di stopkontak dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta dapat melukai pekerja utilitas atau pun tetangga di rumah Anda. Sebaiknya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.

2). Hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah

Generator yang terhubung langsung pada rumah dapat memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator Anda. Untuk lebih aman, miliki kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.

3). Hindari membebani mesin genset

Jangan mengoperasikan berbagai macam peralatan yang melebihi daya output genset Anda. Pemakaian genset yang overloading bisa merusak berbagai peralatan atau pun elektronik berharga Anda di rumah, sehingga prioritaskan keperluan Anda saja.

4). Hindari menyimpan genset di ruangan yang terdapat bahan bakar

Simpanlah genset di tempat yang aman dan hindari menyimpannya di area yang terdapat bahan bakar. Ketika Anda mengisii bahan bakar untuk genset, hindari dari sumber api atau pun rokok. Pastikan juga Anda memiliki alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga.

5). Baca segala aturan dan petunjuk yang ada

Patuhi segala tata cara dan aturan pemasangan genset yang ada. Ikuti segala instruksi cara pasang genset yang dimiliki, dengan begitu Anda dan keluarga dapat terhindari dari bahaya pemasangan genset yang salah.

Memasang genset bukanlah hal mudah, karena alat ini mudah mengalirkan percikan api jika digunakan tidak sesuai aturannya. Jika anda menggunakan Sewa genset dipastikan anda tidak perlu khawatir mengenai alat gensetnya karena genset yang di tawarkan https://sewatama.com/id/ tentu berkualitas dan aman

Category: PeralatanTags:
No Response

Leave a reply "TIPS MEMASANG GENSET DENGAN AMAN"